Inovatif! YouTube Tengah Merancang Teknologi AI untuk Bikin Cover Lagu

Ilustrasi penipuan like dan subscribe YouTube
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu aplikasi ternama, YouTube terus mengembangkan inovasinya dengan berbagai hal. Kini mereka tengah merancang dan mengembangkan alat berbasis kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI). Dengan teknologi ini, pengguna bisa menciptakan vokal penyanyi musik atau cover lagu secara legal. 

Kadin Surabaya Bakal Gelar Ruang Gembira Bermusik Anak Muda April 2024

Gampangnya, YouTube sedang mengembangkan AI yang akan memungkinkan pengguna YouTube meniru suara penyanyi favorit mereka. Alat ini sedang dalam pengembangan dan akan menjadi bagian dari upaya Google untuk memanfaatkan teknologi AI dalam berbagai produk dan layanan mereka.

Dikutip dari VIVA, Rabu, 25 Agustus 2023, alat ini akan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan suara penyanyi favorit mereka ke dalam video. Namun, pengguna perlu bersabar karena alat ini belum diluncurkan secara resmi dan akan tersedia dalam versi beta untuk beberapa pengguna dalam waktu dekat.

NOAH Pamit dari Dunia Musik: Sampai Jumpa Lain Waktu

YouTube saat ini sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan rekaman untuk mencapai kesepakatan lisensi yang saling menguntungkan. Dengan alat AI ini, para kreator di YouTube akan dapat menggunakan suara penyanyi yang diidolakan dalam video mereka.

Namun, peluncuran alat ini menghadapi beberapa hambatan, terutama dalam hal perizinan. YouTube awalnya ingin meluncurkan layanan ini pada bulan September selama acara Made on YouTube.

Gen Z Kini Sudah Manfaatkan AI untuk Kegiatan Harian

Namun, perusahaan rekaman seperti Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group masih dalam tahap finalisasi kesepakatan lisensi dengan YouTube untuk menggunakan suara para artis.

Beberapa pihak merasa khawatir tentang penggunaan alat AI semacam ini, karena bisa disalahgunakan untuk menyebarkan informasi palsu atau melakukan pemalsuan identitas.

Halaman Selanjutnya
img_title