Bareng Kemenparekraf, ESB Sokong Digitalisasi UMKM agar Untung

Kegiatan Kemenparekraf bareng ESB terkait program Kenarok di Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – PT Esensi Solusi Buana (ESB) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam hal edukasi literasi keuangan dan digitalisasi bagi pelaku UMKM, khususnya pengusaha pemula di bisnis kuliner. Dengan sokongan itu, diharapkan pelaku UMKM lebih mudah meraup keuntungan dan tumbuh dengan cepat.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

ESB adalah perusahaan teknologi untuk food and beverage. Pada program ini, perusahaan tersebut menyediakan software terintegrasi yang dirancang khusus untuk restoran, cloud kitchen, hingga warung makan. 

“Saat ini kami berfokus ke industri kuliner,” kata VP Partnership & Government Relations ESB Yang Hira Idris saat menghadiri kegiatan Road To Kenarok Kemenparekraf di Surabaya, Sabtu, 11 November 2023.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Hal itu klop dengan program Kemenparekraf bernama Kenarok. “[Kenarok] semacam progam rantai pasok untuk membantu kemitraan dalam sisi supplier dan bahan baku untuk diteruskan UMKM dibawah binaan Kemenparekraf dan Dinas Pariwisata di seluruh daerah,” ungkap Hira.

Dia menuturkan, ESB memiliki teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner. Teknologi ini dapat meningkatkan laba bisnis kuliner melalui efisiensi waktu, biaya, serta layanan yang efektif untuk para pengguna ekosistem ESB.

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

“Sistem ESB membantu ujung ke ujung. Mulai order online, aplikasi kasir, sampai rantai pasok. Nantinya akan dikolektifkan di e-katalog sehingga UMKM mencapai pasar lebih luas,” ujar Hira.

Dalam hal ini, ESB memberikan edukasi terkait perencanaan bisnis dan manajemen keuangan.  Selain itu memahami peranan dan adopsi teknologi dalam mengembangkan bisnis untuk menjaga profitabilitas. Agar para UMKM dapat menjaga usahanya untuk tetap sustain dan berkembang.

Halaman Selanjutnya
img_title