Fakta-fakta Nyamuk Wolbachia dari Hasil Penelitian, Bisa Kendalikan Penyakit!

Ilustrasi gigitan nyamuk
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Umumnya, spesies hewan yang banyak membawa penyakit adalah nyamuk. Kesehatan manusia bisa terganggu bila bersentuhan dengan hewan yang satu ini. Dari mulai penyakit ringan, gatal-gatal hingga serius, kematian. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Namun belakangan, ada satu jenis nyamuk yang menjadi subjek penelitian. Yaitu nyamuk yang memiliki kandungan bakter Wolbachia. Lantas bagaimana hasil dari penelitian itu? Berikut ini penjelasannya, dikutip dari VIVA, Rabu, 22 November 2023.

Apa Itu Nyamuk Wolbachia?

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Nyamuk Wolbachia adalah nyamuk yang mengandung bakteri Wolbachia dalam sistem reproduksi mereka. Wolbachia merupakan bakteri intraseluler yang dapat mempengaruhi reproduksi nyamuk tersebut.

Keunikan utama Wolbachia adalah kemampuannya untuk memodulasi reproduksi nyamuk, yang pada gilirannya dapat berdampak pada penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut, terutama dalam kasus virus DBD oleh nyamuk tersebut.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Peran Wolbachia dalam Pengendalian Penyakit

Salah satu aspek yang menarik dari nyamuk Wolbachia adalah kemampuannya untuk mengurangi potensi penularan penyakit tertentu. Wolbachia dapat menghambat perkembangan virus dalam tubuh nyamuk, sehingga nyamuk yang mengandung Wolbachia tidak akan menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dengue, Zika, dan chikungunya.

Halaman Selanjutnya
img_title