Perubahan Cuaca Rentan Flu Batuk, Cegah dengan 5 Cara Alami Ini

Ilustrasi batuk
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagaimana lazim terjadi di lingkungan kehidupan masyarakat, saat cuaca tak menentu atau dalam proses perubahan cuaca, penyakit flu, batuk hingga sesak nafas rentan terjadi. Akibatnya, sejumlah aktivitas pun terganggu dan menurunkan kualitas hidup.

Polisi Pastikan Siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung Meninggal Karena Sesak Nafas

Untuk itu, perlu menjaga kesehatan dan kestabilan fisik agar penyakit itu tidak menimpa. Dilansir dari VIVA, Rabu, 27 Desember 2023, berikut ini 5 cara alami dan efektif mencegah flu, batuk hingga sesak nafas.

1. Konsumsi Air yang Cukup

Mortir Peninggalan Penjajah Meledak di Bangkalan Diduga saat Hendak Dipotong Korban

Salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk meredakan gejala batuk, flu, dan sesak napas adalah dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi. Air membantu melonggarkan lendir di saluran pernapasan, mengurangi iritasi tenggorokan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Minum setidaknya delapan gelas air sehari dapat membantu menjaga kelembaban dan menjauhkan risiko dehidrasi.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Minum Air Dingin di Musim Panas Sebabkan Batuk, Benarkah Demikian?

Vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan meredakan gejala flu. Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan kiwi kaya akan vitamin C. Selain itu, suplemen vitamin C juga dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan asupan nutrisi tubuh.

3. Istirahat Cukup

Halaman Selanjutnya
img_title