Ketahui Bagian Ayam yang Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit

Zaidul Akbar
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Masyarakat Indonesia sangat menggemari daging ayam. Selain karena faktor halal, daging ayam juga sangat mudah diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Hampir semua bagian ayam bisa dimakan, mulai dari kulit, daging, hingga jeroan seperti ati dan ampela.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Dari semua bagian tersebut, ada satu yang sering kali disepelekan hingga dianggap kurang pantas dimakan yakni kaki ayam atau ceker. Mengingat bagaimana lingkungan hidup ayam dan ceker tersebut pasti pernah menginjak kotoran, banyak orang yang enggan mengonsumsinya karena berpikir ada banyak kuman yang bersarang.

Padahal, menurut dr. Zaidul Akbar ceker ayam memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di dalam ceker ayam, ada kandungan kolagen alami yang manfaatnya sangat bagus bagi kulit.

Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Makanan, Simak Resepnya!

"Jadi ini hal menarik. ternyata kolagen salah satu sumber asalnya itu justru malah banyak pada kaki ayam (ceker)," kat dr. Zaidul Akbar dilansir dari VIVA pada Kamis, 4 Januari 2023.

Selain ceker, bagian ayam lainnya yang juga mengandung tinggi kolagen adalah kulit. Tekstur kulit ayam yang kenyal dan rasanya gurih itu sangat nikmat disajikan dalam olahan apapun baik digoreng maupun ditumis.

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk memilih jenis ayam kampung yang bernutrisi tinggi.

"Ayam kampung kan bagus tuh, bagian cekernya kan murah meriah. Kalau di Saudi atau Timur Tengah mal

Halaman Selanjutnya
img_title