Kinerja Gerindra Jatim Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 54,2 Persen

Sufyanto saat paparan survei di Surabaya
Sumber :
  • Thoriq/VIVA Jatim

Surabaya, Viva Jatim- The Republic Institute merilis hasil survei Pilpres 2024 di Jawa Timur. Hasilnya elektabilitas paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas di angka 54,2%. 

Kader Pimpinan Anak Cabang Gerindra Gresik Solid Dukung dr Alif Cabup di Pilkada 2024

Peneliti Utama The Republic Institute Sufyanto membeberkan sejumlah faktor yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran unggul jauh di Jatim. Salah satunya faktor kerja keras Partai Gerindra Jatim yang notabene motor partai penggerak utama di koalisi. 

"Kalau kita lihat memang pemilih Gerindra Jatim itu paling solid mendukung Prabowo-Gibran. Dan partai Gerindra Jatim memang sangat militan dalam bergerak memenangkan Prabowo-Gibran," kata Sufyanto saat paparan survei di Surabaya, Selasa 23 Januari 2024. 

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Selain kerja keras Gerindra Jatim, Sufyanto menyebut ada faktor ketokohan dari Prabowo Subianto yang mendapat simpati dari rakyat Jatim. Ada juga faktor Gibran yang notabene putra dari Presiden Jokowi. 

"Di Jatim itu masih ada politik iba, meski persentasenya tidak besar, tapi itu ada. Selain itu, ketika debat paslon 02 dibully, justru angkanya makin tinggi. Grassroot masyarakat kita itu makin simpati kalau ada paslon di-bully," bebernya. 

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

"Di tim Prabowo-Gibran itu juga didominasi dukungan dari tokoh-tokoh elite di Jatim. Sebut saja Khofifah, Pakde Karwo, Imam Utomo itu memberi sumbangsih elektoral juga," tambahnya. 

Mantan Ketua Bawaslu Jatim ini menyebut kerja keras dari partai pengusung Prabowo-Gibran di Jatim juga memberi sumbangsih elektoral meski belum signifikan. 

Halaman Selanjutnya
img_title