PLN Berjibaku Nyalakan Listrik Pelanggan Akibat Cuaca Ekstrim di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Petugas PLN sedang memperbaiki tiang listrik yang roboh akibat cuaca ekstrem.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimAliran listrik di lima kabupaten dan kota di Jawa Timur sempat terganggu akibat cuaca hujan deras disertai angin kencang selama sebulan ini. Yakni di Kota Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pasuruan.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Di Kabupaten Probolinggo misalnya, hujan disertai angin kencang menyebabkan enam tiang listrik roboh pada 9 Januari 2024 lalu. Mengakibatkan terganggunya suplai listrik bagi 14.668 pelanggan di tiga desa.

Sedangkan di Kabupaten Pasuruan, berdasarkan laporan dari Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi (PLN UID) Jawa Timur juga menyebutkan, pada Jumat 19 Januari 2024, di Kecamatan Pandaan, sebanyak 90 trafo yang menyuplai listrik untuk 10.374 pelanggan di Desa Arjosari, Desa Tawangsari, Desa Baran dan Desa Karanbangkal juga terganggu.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Mengatasinya, petugas PLN UID Jawa Timur pun dikerahkan. Sehingga dampak gangguan pasokan listrik tidak bertambah parah.

"Kami telah menyiapkan ratusan personel untuk siap siaga bergerak cepat mengamankan jaringan kelistrikan yang terdampak cuaca ekstrem. Tidak hanya personel, kami juga menyediakan perlengkapan pendukung dengan jumlah yang cukup untuk mempercepat penormalan pasokan listrik," ucap General Manager PT PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo, Jumat 26 Januari 2024.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Agus menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi aktif dengan stakeholder terkait seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Probolinggo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta unsur dinas terkait sebagai upaya preventif terhadap dampak dari cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

Sementara untuk mengantisipasi adanya peningkatan cuaca ekstrem, Agus mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati hati.

Halaman Selanjutnya
img_title