Diharap Bisa Ditularkan, KPU Trenggalek Ajari PPK Simulasi Pemungutan Suara

Suasana simulasi pemungutan surat suara di Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Rabu, 31 Januari 2024.

Dana Hibah Pilkada Mojokerto Capai 82 Miliar, Lebih Banyak untuk Honor Badan Adhoc

Simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara ini diperankan oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) menjadi KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) secara langsung.

Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menjelaskan KPU Trenggalek sudah melakukan sosialisasi hingga bimtek kepada PPPK hingga PPS. Simulasi ini dimulai dari petugas PPK yang nanti juga akan menyampaikan ke PPS. Berlanjut sampai ke KPPS, sebagai praktik dan menjadi bahan evaluasi internal.

Lakukan Pencegahan secara Masif, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

"Kalau memang nanti ada pembenahan dibenahi dan nanti akan dijadikan rujukan KPU. Kayak begini lho bisa di share ke media sebagai pembelajaran proses pemungutan dan penghitungan suara terutama pemilih," ujar Gembong Derita Hadi, Rabu, 31 Januari 2024.

Gembong sendiri berharap, pemilih sebelum memilih tahu proses-proses pemungutan dan penghitungan. Ia katakan simulasi ini masih belum melibatkan disabilitas, tapi pihaknya pasti akan melibatkan disabilitas, karena nanti dirinya akan memiliki data.

Demokrat Jatim Soal Pilkada Trenggalek: Terus Dirembug

Sedangkan pelaksanaan antisipasi daerah rawan, menurutnya berasal dari daftar pemilih  tambahan. Ia berpesan kepada penyelenggara untuk fokus pada warga pindah memilih. Pasalnya meski masyarakat sudah disosialisasikan dan mengurus tetapi ada sebagian yang tidak mengikuti aturan.

"Ada yang pada hari H dia datang tidak mengurus pindah memilih. Harapan kami jauh-jauh hari itulah krusialnya bisa segera diurus. Kami sedang menunggu informasi itu," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title