Guru Besar Unesa Sampaikan 6 Pernyataan Sikap Demi Tegaknya Demokrasi

Para Guru Besar Unesa Surabaya sampaikan Pernyataan Sikap
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim – Salah satu perguruan tinggi ternama di Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akhirnya memberikan sikap kritikannya atas kepemerintahan Presiden Joko Widodo.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Sejumlah guru besar Unesa berkumpul mengutarakan pendapatnya demi mengawal tegaknya demokrasi serta menjaga NKRI menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua Senat Akademik Unesa, Prof Setya Yuwana mengatakan sebagai perwujudan tanggung jawab moral dalam menjaga demokrasi yang beradab. Ia pun membacakan enam poin pernyataan sikap guru besar, civitas akademika dan alumni Unesa.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Pertama, Prof Setya mendorong semua pihak untuk menjaga kebersamaan dan suasana kondusif demi terwujudnya demokrasi yang sehat berasaskan Pancasila dan undang undang dasar Republik Indonesia tahun 1945.

"Kedua, mendorong semua elemen bangsa memberikan teladan yang benar, dengan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan untuk suksesnya pemilihan umum 2024," kata Prov Setya, Senin 4 Februari 2024.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Ketiga lanjut Prof Setya, pihaknya mendorong kepada aparatur sipil negara, pejabat negara pemerintah, TNI dan Polri untuk menjaga netralitas dan tidak memihak dalam pemilihan umum 2024.

"Keempat, mendorong semua pihak untuk menghargai kebebasan akademik sebagai bagian dari otonomi kampus yang konstitusional tanpa ada tendensi kepentingan politik, namun semata mata untuk kepentingan peradaban dan nilai nilai demokrasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title