Tak Hanya di Jatim, Survei Alvara: Prabowo-Gibran Menang di Banten

Hasil Survei Alvara Research Center
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Banten, VIVA JatimPasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul telak di Provinsi Banten berdasarkan hasil survei Alvara Research Center. Pemilihan survei dilakukan di Banten karena wilayah ini strategis dekat dengan pusat pemerintahan DKI Jakarta.

Menakar Kekuatan Mas Dhito saat Tingkat Kepuasan 88 Persen Pimpin Kediri

"Berdasarkan simulasi pemilihan umum yang dilakukan menggunakan kertas suara, elektabilitas tertinggi pasangan capres–cawapres di Banten dimiliki oleh pasangan Prabowo–Gibran sebesar 61,6 persen," kata peneliti senior Alvara Research Center, Lilik Purwandi, dalam keterangannya pada Rabu 7 Januari 2024. 

Sedangkan elektabilitas pasangan Anies–Muhaimin sebesar 24,5 persen dan Ganjar–Mahfud di urutan ketiga dengan 12,2 persen. Adapun yang belum memutuskan hanya 1,7 persen saja.

Mahfud MD Nilai Kurang Tepat Program Makan Siang Gratis Masuk APBN 2025

Berdasarkan wilayah kabupaten/kota di Provinsi Banten, pasangan Prabowo–Gibran unggul di semua wilayah kabupaten/kota Provinsi Banten. Adapun elektabilitas pasangan Prabowo–Gibran ini di masing-masing kabupaten/kota adalah sebagai berikut: Lebak (69,6 persen), Pandeglang (58,4 persen), Kota Cilegon (72 persen), Kota Serang (62,4 persen), Kabupaten Serang (73,1 persen), Kota Tangerang (42,5 persen), Kota Tangerang Selatan (56,2 persen) dan Kabupaten Tangerang (65,1 persen). 

Secara umum, elektabilitas pasangan Prabowo–Gibran unggul lebih dari 50 persen di hampir seluruh kabupaten/kota, kecuali di Kota Tangerang. Hal ini menunjukkan, elektabilitas pasangan 02 akan sulit terkejar dalam waktu dekat, sehingga pasangan ini berpotensi akan menang di Provinsi Banten," ujar Lilik.

Real Count KPU 77 Persen: Prabowo-Gibran Unggul 58,84 %, AMIN 24,43 %, Ganjar-Mahfud 16,73 %

Sementara itu, dari elektabilitas pasangan berdasarkan Generasi usia pemilih, pasangan Prabowo–Gibran juga terlihat unggul di semua generasi dibandingkan pasangan capres–cawapres lainnya.

Rinciannya, pada pemilih Gen Z elektabilitas pasangan Prabowo–Gibran sebesar 69,1 persen, sedangkan pada Generasi Millenial elektabilitas pasangan Prabowo–Gibran mencapai 60,6 persen dan pada pemilih Generasi X elektabilitas Prabowo–Gibran mencapai 58,3 persen. Lalu pada pemilih Baby Boomers elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 49 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title