Harga Beras Premium Makin Tak Terkendali, Bulog Jatim Pastikan Stok Cukup

Ilustrasi Beras Bulog
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimHarga beras di Jawa Timur terus merangkak naik. Berdasarkan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Pokok Jawa Timur, harga beras premium saat ini terpantau berada di kisaran Rp 12.487 hingga Rp 16.500 per kilogram, naik rata-rata Rp 700 bila dibandingkan sepekan lalu.

Beras SPHP Diperjualbelikan di Marketplace Diatas HET, Ini Respons Bulog Tulungagung

Kepala Bulog Kantor Wilayah Jawa Timur, Erwin Tora, tak menampik atas meroketnya harga beras di pasaran. Namun pihaknya memastikan stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan serta Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Stok beras Bulog Jatim saat ini sekitar 200.000 ton dan akan terus bertambah karena masih terus ada penerimaan. Stok tersebut sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan dan SPHP di Jatim serta sebagian akan dikirim ke Bulog diluar Jatim," ujarnya kepada Viva Jatim, Selasa 13 Februari 2024.

Ketahuan Jual di atas HET, Satu Mitra Penjual Beras Tulungagung Diblacklist Bulog

Meski stok cukup, Bulog Jatim dikatakan Erwin, akan terus berupaya menstabilkan harga beras. Antara lain dengan menjaga stok beras Bulog Jatim.

Kemudian ia menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan pendistribusian bantuan pangan beras kepada sasaran keluarga penerima yang ada di Jatim.

Sumringah, Abang Becak Terima Bantuan Saat Harga Beras di Surabaya Mencekik

Lalu menyalurkan beras SPHP ke pasar-pasar tradisional, ritel moderen maupun gerakan pangan murah supaya harga beras terkendali.

"Melakukan pendistribusian beras komersil Bulog dalam rangka menambah pasokan beras di pasar," tutupnya.