Heboh Dugaan Pemindahan Suara Caleg di Lumajang, KPU Turun Tangan

Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Lumajang
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Lumajang, VIVA Jatim – Tahapan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan se-Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terus berlangsung. Kini muncul dugaan pemindahan suara Caleg DPR RI Dapil Jatim IV (Jember-Lumajang) saat Rapat Pleno Rekapitulasi di PPK Kecamatan Gucialit. 

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

Tim Sukses Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut 1, Muhammad Nur Purnamasidi (MNP) atau lebih dikenal Bang Poer (BP) pun melayangkan protes. Sehingga proses Rapat Pleno Rekapitulasi sempat terhenti.

Bahkan saking peliknya persoalan, empat komisioner KPU Lumajang, yakni Sohudi, Nur Ismandiana, Ridhol Mujib dan Hasyim Asy'ari turun langsung ke PPK Gucialit. Guna melakukan rekapitulasi ulang C hasil (plano) dengan C hasil salinan yang dipegang oleh saksi partai.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Ali Murtadlo, tim Caleg DPR RI MNP menjelaskan, bahwa ada dugaan pemindahan suara partai dan caleg lain ke salah seorang caleg nomor urut 4, yakni Dwi Priyo Atmojo. Ali mencontohkan, modus yang dijalankan adalah dengan menggembosi suara caleg DPR RI lain dan memindahkannya ke caleg nomor urut 4.

"Jadi, modusnya adalah memindahkan suara partai dan caleg lain kepada salah seorang caleg nomor urut 4. Ini tentu sangat merugikan para kontestan pileg dan harus diusut sampai tuntas," tutur Ali Murtadlo dalam keterangan tertulisnya kepada media, Kamis, 22 Februari 2024.

PPP Tak Lolos Parlemen, PDIP Jatim Respon Begini!

Penampakan C Plano pada Sirekap KPU

Photo :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Ali menegaskan, telah mengantongi sejumlah bukti kecurangan tersebut dan telah melaporkan ke Bawaslu serta pihak terkait untuk ditindaklanjuti.

Halaman Selanjutnya
img_title