Pemkab Kediri Dorong Durian Varietas Lokal Kebonrejo Jadi Komoditas Unggul Nasional

Durian Kediri memiliki varietas unggul.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Kediri, VIVA Jatim –Gelaran Jambore Duren (Jamboren) bakal dihelat 24-25 Februari 2024 mendatang. Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunam melakukan identifikasi potensi durian unggul lokal Desa Kebonrejo di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung.

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

"Kegiatan ini merupakan yang pertama menyongsong digelarnya kegiatan Jamboren di Desa Kebonrejo, sehingga pada saat kegiatan pada hari Sabtu dan Minggu tersebut kita bisa mengidentifikasi varietas atau varian dari durian," terang Petugas dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, Samsul dikutip VIVA Jatim, Kamis, 22 Februari 2024.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat potensi Durian Kebonrejo. Tim Dipertabun mengecek satu persatu varietas buah durian yang dianggap unggul melalui alat refractometer

Pemkab Kediri Pantau Arus Mudik Gunakan ATCS dan Puluhan CCTV

"Sehingga nanti dari beberapa varietas ini ke depan akan kita evaluasi terus mana yang memiliki sifat yang lebih unggul," ujar Samsul.

Menurutnya terdapat 18 varietas yang telah selesai diuji dan diidentifikasi mulai rasa, aroma, tekstur, warna serta kadar kemanisan. 

Bupati Kediri: Bandara Dhoho Beroperasi 5 April 2024 Bagi Perjalanan Mudik

Pihaknya mengaku kestabilan sifat varietas unggul akan daftarkan paten. Selanjutnya akan menjadi komoditas lokal unggul dari Kabupaten Kediri. 

Bahkan  tidak menutup kemungkinan bisa menjadi dilepas menjadi unggul Nasional Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title