Kata Pihak Masjid Assalam soal Ustaz Syafiq Riza Basalamah Ditolak Ansor di Surabaya

Ibnu Arly, Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Ibnu Arly, menjelaskan bahwa keributan antara jemaah pengajian dengan puluhan anggota Gerakan Pemuda Ansor dan Banser akibat kesalahpahaman. Sebetulnya, saat itu Ustaz Riza Basalamah tidak ada di masjid untuk mengisi pengajian.

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

"Ustaz Syafiq tidak datang. arena Ketua Yayasan kami, Pak Iskandar, kebetulan kenal dekat dengan Ustaz Syafiq. Ustaz Syafiq itu di rumah Pak Iskandar, tidak di [Masjid] Assalam," kata Ibnu Arly saat memberikan keterangan pers di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jumat, 23 Februari 2024.

Arly menduga, penolakan terjadi akibat kesalahpahaman semata lantaran beredarnya informasi miring yang berseliweran di media sosial.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

"Meski jemaah sudah keburu berdatangan, namun Ustaz Syafiq tidak ada di Masjid Assalam. Sehingga kami tidak menyangka kalau [insiden] itu terjadi," tandasnya.

Dia menjelaskan, sebetulnya Syafiq Riza Basalamah sudah sering diundang dan hadir mengisi pengajian di Masjid Assalam. Sejak masjid ini didirikan 15 tahun lalu, sedikitnya telah lima kali ulama asal Kabupaten Jember tersebut memberikan ceramah keagamaan.

Ribuan Wisatawan Serbu Kebun Raya Mangrove Surabaya Selama Libur Lebaran 2024

Ia mengatakan, selama kegiatan pengajian dengan pengampu Ustaz Syafiq Riza Basalamah, tidak ada penolakan dari warga sekitar maupun oleh kelompok tertentu.

"Beliau [Ustaz Syafiq Riza Basalamah] sudah lima kali pengajian di Masjid Assalam ini. Baik itu memberikan ceramah khutbah Salat Jumat maupun ceramah-ceramah pada umumnya," ujar Ibnu Arly.

Halaman Selanjutnya
img_title