Ada Anomali Sirekap, Wakil Ketua Bappilu PPP Minta Kader Kawal Suara Pemilu 2024

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPP Achmad Baidowi
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Menanggapi perkembangan angka "real count" atau hitung nyata yang ditampilkan dalam Sirekap, kader partai PPP diperintahkan untuk mengawal suara Pemilu 2024 sebagai respons terhadap Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Perintah itu disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi di Jakarta, Jumat, 1 Maret 2024.

"Dalam dua hari terakhir terjadi anomali di Sirekap yang sudah mencapai 65 persen. Anomali terlihat dari penurunan suara dari PPP, sementara jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang di-input bertambah," kata Achmad Baidowi, pria yang akrab disapa Awiek itu. 

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Awiek menjelaskan anomali di Sirekap milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI itu turut memengaruhi angka persentase suara PPP di Sirekap. Sementara itu, lanjut dia, ada satu partai politik yang mengalami kenaikan signifikan.

Padahal, kata dia, jika melihat hasil C salinan yang masuk di pangkalan data Bappilu DPP PPP, maka suara PPP sudah melebihi ambang batas 4 persen.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

"Oleh karena itu, kami minta semua kader PPP seluruh tingkatan untuk mengawal suara PPP. Jangan sampai hilang ataupun migrasi ke partai tertentu," ujarnya.

Sementara itu, Awiek mengingatkan para kader bahwa Sirekap merupakan alat bantu yang tidak mengikat secara hukum, sehingga dapat diabaikan.

Halaman Selanjutnya
img_title