Soal Pengusiran Wartawan saat Rekapitulasi, KPU Pamekasan: Miskomunikasi

Aksi protes pengusiran wartawan depan Gedung PKP RI Pamekasan.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan Mohammad Halili membantah adanya insiden pengusiran wartawan saat melakukan peliputan rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gedung PKP RI, Jalan Kemuning, Kelurahan Barurambat Kota, Kabupaten Pamekasan, Senin, 4 Maret 2024.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

"Miskomunikasi mas. Kami tidak pernah melarang media manapun untuk melakukan peliputan kegiatan rekap di tingkat Kabupaten Pamekasan," ungkapnya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Selasa, 5 Maret 2024.

Diberitakan sebelumnya, bahwa kasus ini pun kini berbuntut panjang. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan tengah menyiapkan langkah hukum.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam mengatakan Media Call Center (MCC) PWI Pamekasan telah menerima aduan dari wartawan yang mengalami pengusiran tersebut. 

Staf KPU Pamekasan berinisial IP juga membentak salah satu jurnalis. Tak terima, sejumlah wartawan kemudian melakukan aksi protes dengan memasang sejumlah tulisan yang berisi kekecewaan terhadap pihak KPU yang telah mengusir dan melarang wartawan untuk melakukan peliputan. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Anam telah meminta pengurus MCC PWI Pamekasan untuk menyeriusi aduan tersebut. Apabila diminta, PWI Pamekasan siap memberikan pendampingan hukum.

"Sebab, sikap menghalangi-halangi, mengusir, atau menutup akses terhadap wartawan yang hendak melakukan tugas-tugas jurnalistik adalah bentuk arogansi kekuasaan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pejabat publik. Itu menyangkut kepentingan umum," tegas Anam.

Halaman Selanjutnya
img_title