Banjir Landa Mojokerto, Air Meluas Hingga Capai Lutut Orang Dewasa

Sejumlah desa di Mojokerto dilanda banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimHujan deras selama beberapa jam Mojokerto. Akibatnya, sejumlah desa dilanda banjir hingga setinggi lutut orang dewasa. 

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Pantauan Viva Jatim di Dusun/Desa Kenanten, Kecamatan Puri, Mojokerto, air menggenangi jalan dan permukiman penduduk pada Rabu, 6 Februari 2024 sekitar pukul 10.00 WIB. Bahkan air juga masuk ke dalam rumah. Meski demikan, warga nampak belum berniat untuk mengungsi. 

Salah satu warga setempat, Sumaji (54) mengatakan, air banjir mulai masuk kampungnya mulai pukul 04.00 WIB usai hujan mengguyur pada Selasa, 5 Februari 2024 malam. Ia menyebutkan air naik dengan cepat hingga merendam sebagian perabotan di rumahnya.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

“sekarang mulai agak surut, kalau di jalan ini selutut orang dewasa. Masuk rumah sampai bawah lutut. Perabotan kasur, kursi, dan lain-lain sudah diangkat. Tidak ada rencana mengungsi,” katanya. 

Menurut Sumaji, kampungnya ini jarang dilanda banjir banjir. Terakhir kali terjadi banjir sekitar 10 tahun yang lalu. Banjir ini, kata dia, akibat luapan dari aliran sungai yang berada sisi barat desanya. 

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Dulu sering, ini pertama kali besar, terakhir 10 tahunan. Sering itu di selatan pos. 

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Kenanten sisi timur Jalan Bypass. Lokasi ini memang kerap kebanjiran saat hujan mengguyur. 

Halaman Selanjutnya
img_title