Desa Pangkahwetan Gresik Jadi Kampung Bandeng, Mampu Panen 20 Ton Perhari

Bupati Gresik memamerkan ikan bandeng di UPI Pangkah Wetan
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Desa Pangkahwetan menjadi Desa yang ditetapkan sebagai Kampung Bandeng oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

Penetapan ini juga searah dengan visi misi kebijakan pembangunan Kabupaten Gresik yaitu Nawakarsa Agropolitan. Melalui pembangunan Perikanan Budidaya Komoditas Bandeng dari Hulu hingga ke Hilir.

Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang berdiri di lahan seluas 3000 meter persegi ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Sidayu. Peresmian tersebut secara langsung dilakukan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Hal ini dilakukan sebagai terobosan guna mengangkat ekonomi warga, sekaligus memberikan nilai tambah pada ikan yang diolah oleh warga sekitar khususnya.

Pada hasil panen Ikan Bandeng yang cukup melimpah di wilayah Gresik Utara, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan bahwa pembangunan UPI ini berawal dari penetapan Kampung Bandeng Ujung Pangkah oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

“Ujung Pangkah di tetapkan oleh pak menteri menjadi Kampung Bandeng, ketika tahun 2023 ada peningkatan kapasitas bandeng tersebut kami diberikan kembali unit pengolahan ikan oleh Pak Menteri. Nah bangunan ini berdiri di atas tanah Pemerintah Kabupaten Gresik,” jelasnya, Jumat, 8 Maret 2024. 

Ia menambahkan bahwa luas tambak budidaya Ikan Bandeng di Gresik utara ada sekitar 28.000 hektare ini sangat berpotensi sebagai bahan baku Ikan Bandeng yang sangat melimpah.

Halaman Selanjutnya
img_title