DBD Tembus 42 Kasus, Dinkes Lamongan Sebut Jumlahnya Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Proses fogging membunuh nyamuk dewasa
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Lamongan, VIVA JatimDinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mencatat, sedikitnya ada 42 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditemukan sepanjang bulan Januari hingga Februari 2024.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Angka ini diklaim lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 62 kasus. Sementara untuk orang yang terjangkit penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk ini berkisar antara usai 14 hingga 40 tahun.

Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lamongan, dr Mafidhatul Laely mengatakan, kasus demam berdarah yang terjadi di Lamongan tidak sampai menimbulkan korban meninggal. Para penderita bisa ditangani secara medis.

Ditumpangi Satu Keluarga, Mobil Pikap Tabrak Warung Lalu Terbalik

"Jumlahnya menurun dong dibanding 2023, 2024 Januari Februari 42 kasus dan mereka yang terjangkit penyakit ini berusia 14 hingga 20 tahun," kata Mafidhatul Laely saat dikonfirmasi VIVA, Senin 11 Maret 2024.

Adapun untuk pencegahan pemberantasan nyamuk Dinkes terus berupaya melakukan sosialisasi program pemberantasan sarang nyamuk Melalui 3M plus.

PDIP Lamongan Buka Penjaringan Calon Bupati, Yuhronur Efendi Pendaftar Pertama

"Upayanya ya menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang mempunyai potensi sebagai tempat untuk berkembangbiaknya nyamuk," pungkasnya.