Pemkab Kediri Jaga Harga Pangan Hingga Lebaran Dengan Operasi Pasar

Suasana Pasar Murah di Kabupaten Kediri.
Sumber :
  • Prokopim Pemkab Kediri

Kediri, VIVA Jatim –Beberapa pekan menjelang lebaran membuat Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar operasi pasar yang sudah berjalan satu pekan. Beras menjadi salah satu komoditas penting bahan pokok untuk menjaga stabilitas, Pemkab Kediri memiliki stok beras sebesar 92.741 ton. 

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Tutik Purwaningsih melalui Kepala Bidang Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan, Arbai menjelaskan bahwa operasi pasar murah ini sejalan dengan arahan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana untuk mengintervensi harga sekaligus menjaga stabilitas pasokan pangan.

“Menurut pengamatan pemerintah daerah dan Perum Bulog, beras merupakan perhatian bersama. Kami harus memastikan ketersediaan, khususnya menjelang Idul Fitri,” terang Arbai diterima VIVA Jatim, Sabtu, 16 Maret 2024.

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Menurutnya, ketersediaan stok beras di Kabupaten Kediri saat ini diangka 92.741 ton. Sementara untuk kebutuhan di Kabupaten Kediri menyentuh angka 9.913,3 ton. Sesuai data tersebut yang terinput, secara umum ketersediaan stok pangan dipastikan tidak ada kekurangan sampai Maret 2024 mendatang.

Arbai menambahkan ketersediaan stok itu untuk menyongsong kebutuhan beras masyarakat. Pihaknya mengaku ada sekitar 8 ton beras disediakan dalam gelaran operasi pasar murah di setiap titik. Akan tetapi masih ada pengurangan sekitar 2 ton, terkhusus di wilayah dataran tinggi Kabupaten Kediri.

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

“Kecuali bagi dataran tinggi memang ada pengurangan, sebab berkaitan dengan transportasi. Alhasil ada pengurangan, kendati demikanmasih dalam kategori wajar, kita bawa 6 ton,” bebernya.

Melalui kegiatan operasi pasar murah tersebut, lanjut Arbai, pihaknya berharap masyarakat mampu menjalani ibadah puasa dengan tenang. Arbai memastikan kebutuhan masyarakat akan tercukupi dalam beberapa waktu ke depan.

Halaman Selanjutnya
img_title