Istri Mantan Bupati Dukung Kabupaten Sumenep Jadi Dua Wilayah

Nur Fitriana Busyro, Anggota DPRD Jatim
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Istri mantan Bupati Sumenep Busyro Karim, Nur Fitriana Busyro mendukung agar Kabupaten Sumenep dilakukan pemekaran menjadi dua wilayah. Dua wilayah tersebut antara lain Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Kepulauan Sumenep.

“Saya setuju sekali kalau ada pemekaran di Sumenep. Semua tahu kalau di sana penduduk banyak dan kondisi geografisnya luas. Jika dihitung dengan luasan kepulauan lautnya, tentunya bisa sama dengan Provinsi Jawa Timur,” kata Nur Fitriana, Kamis 17 November 2022.

Anggota DPRD Jawa Timur Fraksi PKB ini merasa prihatin dengan warga kepulauan bila tidak dilakukan pemekaran. Sebab selama ini warga kepulauan kurang tersentuh agenda pemerintahan. Karena itu jika nantinya ada perluasan, tentunya pembangunan akan lebih merata di Madura.

Efek kompleksnya, lanjut Bunda Fitri, sapaan akrabnya, kesejahteraan masyarakat akan lebih terjamin. Sebab pemerintah wilayah kepulauan tentunya akan lebih paham terhadap keluhan serta kebutuhan masyarakat.

“Selama ini masyarakat kepulauan di Sumenep selalu tertinggal dan seolah-olah terisolir dalam pemenuhan kehidupan sehari-harinya. Jelas, kalau ada pemekaran kabupaten Kepulauan Sumenep focus pembangunan di wilayah kepulauan akan terjadi,” tambahnya.

Bila tidak dilakukan pemekaran, maka bantuan yang digelontorkan pemerintah terkesan sia-sia. Sebab peruntukan bantuan sering kali kurang tepat sasaran. Khususnya di bidang transformasi. Sebab daerah Kabupaten Sumenep, antara pulau satu dengan pulau lainnya berjauhan.

“Selama ini pemenuhan infrastruktur di kepulauan Sumenep selalu tertinggal. Walaupun banyak bantuan digelontorkan di kepulauan, namun tetap saja masyarakat di sana selalu tertinggal,” pungkasnya.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis