Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

Jemaah Haji Indonesia menjelang wukuf
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan baru terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024. Yakni penempatan Jemaah Haji Indonesia yang sebelumnya di Mina Jadid lalu dipindah ke Muaishim.

Hindari Penipuan, Kemenag RI Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Tawaran Visa Haji Tanpa Antre di Medsos

Hal ini disampaikan Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Arsad Hidayat saat menyampaikan materi pada kegiatan Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi, dikutip dari VIVA, Kamis, 21 Maret 2024.

"Tahun 2024, penempatan jemaah haji Indonesia yang sebelumnya di Mina Jadid untuk musim haji ini direlokasi ke wilayah Muaishim," ucap Arsyad.

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Perubahan ini, kata Arsad, sebagai upaya menambah kenyamanan jemaah haji Indonesia dalam beribadah terutama jemaah lansia, agar tidak terlalu jauh dengan Jamarat.

Ilustrasi Jemaah haji Indonesia

Photo :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim
Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

Perubahan ini juga didasarkan pada masukan dari masyarakat terkait pelaksanaan ibadah Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Kemenag telah siapkan skema penempatan jemaah di Mina.

Haji 2024, masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Seluruh petugas diminta siap dan siaga dalam memberi layanan terbaik kepada jemaah, sejak dari keberangkatan ke Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
img_title