Bencana Gempa di Bawean, Bupati Gresik Perintahkan BPBD Kirim Bantuan

Kondisi salah satu rumah di Bawean terdampak gempa Tuban
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Bencana gempa bumi yang terjadi di laut jarak 126 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 Km dirasakan cukup kuat getarannya di seluruh Pulau Jawa.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Bawean, sebagai pulau yang terdekat dengan titik episenter gempa juga tidak luput dari dampaknya. Kondisi ini mendapat perhatian serius dari Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah.

Di tengah kegiatan santunan, keduanya langsung melakukan video call dengan Camat Sangkapura dan Tambak untuk mengetahui kondisi disana.

Pj Gubernur Jatim Harap Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Jadi Agenda Tahunan Nasional

"Tadi kami langsung menghubungi Camat Tambak dan Sangkapura untuk mengetahui situasi disana. Mulai malam ini kita juga kirim bantuan dan personel untuk Bawean. Data-data terus kita kumpulkan dan kita akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan saudara-saudara kita di Bawean," ujarnya, Jumat, 22 Maret 2024.

Bupati yang kerap disapa Gus Yani ini mengimbau masyarakat agar tidak panik dan terus waspada akan adanya gempa bumi susulan. Selain itu, dirinya juga berpesan agar masyarakat tidak dengan mudah membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Tradisi Akhir Ramadan, Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Dimenangkan Ikan Seberat 13,1 Kg

"Kita berduka ini adalah musibah kita bersama, namun saya berharap masyarakat tidak panik dan tetap waspada akan adanya gempa susulan. Hati-hati juga dengan informasi yang beredar dan belum jelas sumber dan kebenarannya," tegasmya.

Tanggap akan hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik langsung mengirim bantuan dan personel ke Pulau Bawean malam ini. Hal ini sebagai respon tanggap bencana akibat gempa bumi yang terjadi siang hingga sore hari ini.

Halaman Selanjutnya
img_title