Bayar Utang Dulu atau Nekat Bagi-bagi THR ke Saudara? Kata Buya Yahya Begini

Penceramah Buya Yahya.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim-Buya Yahya melalui kanal YouTube Al Bahjah TV menegaskan bahwa membayar utang yang harus lebih diutamakan ketimbang membagikan THR kepada sanak saudara. Apalagi jika utang tersebut sudah jatuh tempo. 

Kata Buya Yahya Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah, Apakah Riba?

"Jika hutang sudah jatuh tempo, maka lebih utama membayar utang terlebih dahulu. Jangan berbuat baik dengan hawa nafsu. Biasanya hanya ingin disanjung saja," kata Buya. 

Menurut dia, orang yang lebih mementingkan membagikan THR daripada melunasi utang biasanya orang tersebut hanya ingin mendapatkan sanjungan. Terlebih, orang tersebut merasa sudah hidup di kota kemudian ketika balik ke kampung halaman bagi-bagi THR. 

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

"Ada orang hidup di kota, kalau pulang gak berani, kenapa? Karena kalau pulang harus bagi-bagi duit, pamer kalau dia sukses. Padahal dia mobilnya mobil rental, ini orang yang pengen hidupnya ingin dilihat orang saja bukan tau hakekat," imbuh Buya.

"Ada model begitu, sehingga bagi-bagi padahal duitnya ngutang, jangan biasa hidup dengan memaksakan semacam itu. Jangan mikir sedekah kalau mikir sedekah justru jadi maksiat. Kalau anda sedekah, itu berarti maksiat, ingin dapat pahala tapi gak dapat pahala,” tegasnya. 

Bagaimana Hukum Memberi Zakat Fitrah ke Orang Tua Sendiri? Ini Kata Buya Yahya

Buya Yahya kemudian memberi contoh apabila kita meminjam uang Rp1 juta kepada orang lain tapi bukannya dibayar, kita justru terlihat membagikan uang THR kepada orang lain. Maka hal tersebut akan membuat orang lain tersinggung.  

"Sederhananya begini saja, saya utang duit kepada Anda Rp1 juta. Saya janji akan saya bayar hari ini (tapi) ternyata hari ini saya nggak bayar kepada Anda. Diam-diam, tiba-tiba Anda mendengar bahwa saya bagi-bagi duit Rp 1 juta, kan marah yang punya duit,” paparnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title