Dishub Jatim Perkirakan Puncak Mudik Naik 20 Persen, Puncaknya 8 April 2024

Kadishub Jatim, Nyono saat di Surabaya.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimDinas Perhubungan Jawa Timur (Jatim) memperkirakan pergerakan kendaraan di Jatim sekitar 16,2 persen dari total pergerakan nasional.  Arus mudik menjelang hari raya Idul Fitri 2024 sudah mulai memadati ruas-ruas jalan di Surabaya. 

Dinas PUPR Kediri Sebut Progres Jembatan Jongbiru 75 Persen, Selesai di Pertengahan 2024

"Data untuk Jawa Timur itu adalah sekitar 16,2 persen dari total pergerakan secara nasional 193 juta. Yakni 31,3 juta bergerak di Jawa Timur," kata Kadishub Jatim, Nyono saat memberikan penjelasan di Surabaya, Minggu Maret 2024. 

Ia pun memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Senin 8 April 2024 besok dengan kenaikan sekitar 20 persen. "Jawa Timur prediksinya naik sekitar 10 hingga 20 persen dibanding tahun kemarin," ujarnya. 

Bus Bagong Kena Tilang Polisi gegara Nekat Lawan Arus Lalu Lintas di Tulungagung

Untuk mengantisipasi adanya kepadatan yang menyebabkan kemacetan, pihaknya pun sudah melakukan pemetaan. Karena arus kendaraan dari 31,3 juta pemudik masih didominasi kendaraan pribadi. 

Namun demikian, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai mode transportasi umum untuk digunakan pemudik. Sebab, ada sekitar 4 juta orang yang akan memilih menggunakan transportasi masal seperti bus. 

Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada Penyakit DBD dan HFMD

Nyono pun memastikan ketersediaan armada bus untuk kelancaran arus mudik. Yakni penyiapan armada bus sebanyak 6.637 armada. Sementara untuk pemudik yang memilih kereta api diprediksi sekitar 3,3 juta orang. Sehingga disiapkan 90 trainset atau rangkaian kereta api. Bisa jadi ada tambahan rangkaian menyesuaikan kebutuhan. 

Selanjutnya untuk moda pesawat, diprediksi berjumlah 1,24 juta. Menurut Dishub, dengan catatan itu berbagai pihak pun menyiapkan 182 penerbangan. "Bisa jadi ada tambahan penerbangan tergantung pertumbuhan penumpang di lapangan," ungkap Nyono. 

Halaman Selanjutnya
img_title