Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

Ilustrasi gejala Flu Singapura.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimDokter meminta warga tetap mewaspadai penularan penyakit selama libur Lebaran. Dua penyakit yang dikhawatirkan menyerang pemudik yakni flu Singapura atau penyakit tangan, kaki, mulut dan DBD.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Menurut dr. Gina Noor Sjalilah Dosen Spesialis Anak Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, kewaspadaan itu perlu karena mobilitas tinggi saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Flu Singapura ini memang penyakitnya menular dan ditularkan oleh udara melalui droplet, misalnya orang bersin, batuk, cium-cium. Antisipasi untuk anak-anak seandainya ada mobilitas panjang,” katanya, Kamis 11 April 2024.

Kasus DBD Melonjak, Forkopimda Mojokerto Fogging Serentak di 18 Kecamatan

Apalagi saat menggunakan transportasi publik, kata Gina, karena tempat bertemu dengan banyak orang. Sementara untuk yang paling rentan, lanjutnya, anak usia di bawah lima tahun.

Karenanya, yang perlu dilakukan orang tua adalah menutupi wajah anak dengan kain saat menggendong. Sementara untuk usia di atas lima tahun, bisa dipakaikan masker.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

“(Anak usia di bawah satu tahun juga kadang dipegang pipi) itu sangat berisiko sekali terjadi penularan. Apapun itu tidak hanya flu Singapura, flu yang lainnya juga akan tertular,” tuturnya lagi.

Kemudian harus menjaga kebersihan, dan selalu cuci tangan sebelum memegang bayi. “Mau pegang anak kecil harus diingatkan untuk cuci tangan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title