Cara Masak Ketupat yang Benar Biar Tidak Mudah Berair dan Gampang Basi

Ilustrasi ketupat
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim- Celebrity Chef, Yuda Bustara mengatakan ketupat mudah berair dan mudah basi lantaran beberapa faktor. Salah satunya dalam proses persiapan pembuatan ketupat yakni beras tidak direndam sebelum dimasak.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

“Karena tidak direndam itu juga bisa jadi faktor (ketupat cepat basi dan berair) karena mungkin yang tengah belum matang sempurna karena masih keras,” ujarnya, Selasa 9 April 2024.

Lebih lanjut, ketupat bisa menjadi cepet basi juga bisa dipengaruhi lantaran ketupat yang sudah matang tidak digantung. Sehingga membuat ketupat menjadi lembab dan cepat basi. 

Perbedaan Kupatan Durenan Trenggalek, Tetap Pertahankan Aspek Silaturahmi

“Karena tidak digantung, jadi lembab,” ujarnya.

Sementara itu untuk proses pemasakan ketupat agar tidak berair dan cepat basi. Yuda Bustara juga memberikan beberapa pedoman yang bisa diterapkan ibu-ibu di rumah saat memasak ketupat

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Pertama kata Yuda Bustara pastikan beras direndam selama 30 menit. Beras direndam ini dimaksudkan agar ketika direbus ketupat bisa matang secara sempurna. Proses perendaman ini juga menghindari bau apek pada ketupat. 

“Caranya pastinya direndam berasnya. Supaya nanti benar-benar matang saat direbus. Supaya enggak apek, pastikan matang, direndam 30 menit,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title