Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Khofifah usai mencoblos di TPS 31 Margorejo Wonocolo Surabaya, Rabu 14 Februari 2024.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 masih sangat dinamis, meski jika diraba saat ini sudah ada dua kekuatan yang akan bertanding, seperti kubu Khofifah Indar Parawansa dan PKB

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Mayoritas partai politik memang sedang merapat ke Khofifah, bahkan ia sudah mengantongi surat rekomendasi dari empat parpol, seperti PAN, Golkar, Demokrat dan Gerindra. Terakhir Ketua PDIP Jatim Said Abdullah mengaku tertarik dengan Khofifah. 

Pengamat politik Madura, Surokim Abdussalam menilai kekuatan Khofifah di Pilgub Jatim 2024 ini full power. Karena jika tidak ada perubahan kemungkin besar Ketua Umum Muslimat NU tersebut diusung koalisi gemuk. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

"Hampir semua orang sudah tahu kalau Bu Khofifah akan diusung banyak partai, termasuk kemungkinan PDIP juga yang sedang melakukan pendekatan. Sejauh ini kekuatan Bu Khofifah full untuk Pilgub Jatim jilid 2. Kemungkinan besar akan diusung koalisi besar," kata Surokim saat dihubungi, Rabu 17 April 2024. 

Namun meski berpotensi diusung banyak partai bukan berarti Khofifah tidak memiliki rival. Sebagai partai pemenang di Jatim, PKB masih menjadi satu-satunya partai yang paling bermental melawan Khofifah. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

"Ya sepertinya hanya PKB yang potensial akan memberi perlawanan atau mengajukan calon vs Bu Khofifah. PKB bisa jadi potensial sendirian memberi perlawanan," ujarnya. 

Bagi Surokim, eksistensi PKB bertarung dalam Pilgub Jatim bukan hanya sekedar kalah dan menang, namun lebih dari itu. Majunya PKB di gelanggang politik merupakan simbol harga diri sebagai partai pemenang. Lebih-lebih di Pilpres 2024 Ketum PKB Muhaimin Iskandar maju sebagai salah satu kandidat. 

Halaman Selanjutnya
img_title