Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim– Momentum Pilkada Serentak 2024 akan segera tiba. Beberapa persiapan dilakukan guna menghadapi Pilkada Serentak 2024 ini. Termasuk seleksi Panwascam di tingkat kecamatan. 

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan, dalam seminggu ke depan, pihaknya bakal menyeleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

"Jika dalam waktu seminggu ke depan menurut penilaian atasan, menurut penilaian kinerja, menurut hasil-hasil yang telah dilakukan, pengawasan, yang bersangkutan tidak perform, maka kami akan melakukan seleksi," kata Bagja kepada wartawan, Minggu, 21 April 2024. 

Survei ARCI Pilkada Jember 2024: Elektabilitas Gus Fawait Ungguli Petahana

Menurut Bagja, Panwascam yang kurang bekerja baik selama Pemilu 2024, akan diseleksi atau tidak dilanjutkan untuk bertugas di Pilkada 2024. Sementara Panwascam yang memiliki kinerja baik, bakal dilanjutkan bertugas di Pilkada 2024.

Kendati begitu, Bagja mengaku tidak dapat memprediksikan banyak atau tidaknya Panwascam yang tak akan dilanjutkan untuk Pilkada 2024. 

Dana Hibah Pilkada Mojokerto Capai 82 Miliar, Lebih Banyak untuk Honor Badan Adhoc

"Kami enggak tahu. Saya (Bawaslu RI) tidak sampai Panwascam, saya yang Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Kalau Panwascam, teman-teman Bawaslu Kabupaten/Kota, ada (diatur di) undang-undang juga demikian," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, Bawaslu memang punya rentang kendali berjenjang terkait penyeleksian Panwascam tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title