Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Direktur ARCI Baihaki Sirajt merilis survei Pilwali Surabaya 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah nama mulai berseliweran di bursa bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. Petahana, Eri Cahyadi, tetap yang paling unggul di antara beberapa nama yang lain. Namun, bagaimana bila simulasi dilakukan untuk bakal calon secara berpasangan?

Maju Pilwali Surabaya 2024, Kader Gerindra Hadi Dediansyah Janji Bikin Perubahan

Direktur Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024, elektabilitas Eri Cahyadi masih yang tertinggi. Di bawahnya ada nama Armuji yang kini menjadi Wakil Wali Kota Surabaya.

Bila dua figur itu dipasangkan kembali, tentu sangat mungkin pasangan petahana tersebut bisa melenggang lancar menuju karpet merah Balai Kota Surabaya. Namun jika keduanya pecah kongsi, ada sejumlah nama yang berpotensi menjadi wakil dari Eri.

PWI Tulungagung Hadiri HPN Jatim: Menimba Ilmu Sesama Anggota

ARCI, lanjut Baihaki, lantas melakukan simulasi jika itu terjadi dalam surveinya. Pihaknya kemudian memasangkan Eri dengan Ketua Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur, Bayu Airlangga. Hasilnya, elektabilitas pasangan tersebut memperoleh 51,3 persen.

Kemudan ARCI mensimulasikan pasangan Armuji dengan Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono atau Awi. Hasilnya, elektabilitas pasangan tersebut di bawah Eri-Bayu, yakni 25,5 persen. 

PDIP Lamongan Buka Penjaringan Calon Bupati, Yuhronur Efendi Pendaftar Pertama

Pasangan lain yang coba disimulasikan ialah eks Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan dengan Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti. Hasilnya 19,6 persen. “Hasilnya Eri masih unggul ketika dipasangkan dengan sejumlah nama,” kata Baihaki di Surabaya, Kamis, 25 April 2024.

Menurut Baihaki, di antara beberapa nama yang berpotensi dipasangkan dengan Eri, pasangan Eri Cahyadi-Bayu Airlangga adalah yang paling potensial. Bayu yang juga menantu dari mantan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) dinilai berpengalaman dan masih muda.

Halaman Selanjutnya
img_title