Konferwil PWNU Jatim 2024 hanya Undang PCNU sebagai Peserta, Tidak MWC

Rapat tentang Konferwil PWNU Jatim 2024 di Lirboyo Kediri.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) akan menggelar konferensi wilayah (konferwil) di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, 2-4 Agustus 2024. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini hanya perwakilan dari Pengurus Cabang NU (PCNU) yang diundang sebagai peserta di forum tertinggi NU tingkat wilayah tersebut. Tidak dengan majelis wakil cabang (MWC), kepengurusan NU tingkat kecamatan.

Harga Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan, Telur Ayam Ras Capai Rp 28 Ribu

Katib Syuriah PWNU Jatim KH Romadhon Khatib mengatakan, MWCNU tidak dilibatkan sebagai peserta di Konferwil PWNU Jatim Tebuireng karena proses verifikasi belum selesai. “Sebetulnya PWNU Jatim masuk kelompok A (Grade A), tapi, kan verifikasinya belum selesai,” katanya kepada VIVA Jatim pada Selasa, 16 Juli 2024.

“Sehingga untuk rencana yang akan kita undang melibatkan dari PCNU-PCNU saja, tidak sampai MWCNU. Karena belum selesai untuk verifikasi dan mengikuti aturan yang dulu, yaitu cukup melibatkan semua PCNU,” imbuh Kiai Romadhon.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Dia menjelaskan, saat ini kepengurusan NU tingkat cabang di Jawa Timur sebanyak 45 PCNU. Masing-masing cabang nantinya akan diundang sebagai peserta konferwil sebanyak 4-5 orang. Namun, pada proses pemilihan calon Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, masing-masing cabang hanya dihitung satu suara. “Satu cabang satu suara,” tandas Kiai Romadhon.

Selain itu, lanjut dia, ketidakterlibatan MWCNU sebagai peserta konferwil juga akan menghemat energi dan biaya, mengingat pelaksanaan konferwil yang sudah dekat. “Kalau umpama sama MWC [sebagai peserta], persiapannya lama. Kita hampir sama dengan Muktamar [NU], sekitar 700-an [peserta]. Padahal muktamar hanya 600-an,” kata Kiai Romadhon.

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Diberitakan sebelumnya, PWNU Jatim dijadwalkan menggelar konferwil pada 2-4 Agustus 2024 di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Konferwil akan digelar karena masa perpanjangan PWNU Jatim berakhir pada 3 September 2024.

Jadwal ditetapkan setelah mendapatkan persetujuan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Hal itu juga ditegaskan dalam pertemuan jajaran Syuriah PWNU Jatim dan PCNU se Jawa Timur di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, pada Senin, 15 Juli 2024. Pertemuan itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Halaman Selanjutnya
img_title