Bupati Mas Dhito Ajak 50 Anggota DPRD yang Baru Dilantik Majukan Kabupaten Kediri

Bupati Kediri Hanindhito saat pelantikan anggota DPRD.
Sumber :
  • Dokumen Prokopim Pemkab Kediri.

Kediri, VIVA Jatim – Wajah-wajah semringah tampak dari 50 anggota DPRD Kabupaten Kediri yang resmi mengemban amanah sebagai legislator saat diambil sumpah pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Kepada mereka, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito mengajak untuk membangun dan memajukan Bumi Panjalu, julukan Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri Dhito Launching Redesain Batik Panji

Mas Dhito mengungkapkan, sesuai sambutan Menteri Dalam Negeri, DPRD mempunyai tiga fungsi, yaitu pembuatan peraturan daerah, penyusunan anggaran, dan pengawasan kinerja pemerintah daerah. 

"Harapannya DPRD yang baru saja terlantik mampu menjadi mitra pemerintah daerah guna memajukan Kabupaten Kediri," ujar Mas Dhito dikutip VIVA Jatim, Minggu, 25 Agustus 2024. 

Mas Dhito Resmikan RSKK Pare Kediri, Miliki 113 Bed

Dikatakannya,  wakil rakyat dipilih melalui proses Pemilu melalui partai politik, anggota DPRD memiliki ikatan kuat sebagai perpanjangan tangan partai. Akan tetapi anggota DPRD harus menomorsatukan kepentingan rakyat daripada pribadi atau golongan. 

Keseluruhan anggota DPRD periode 2024-2029 yang dilantik siang itu berasal dari 8 partai politik. Masing-masing, PDI Perjuangan 13 anggota, PKB 9 anggota, Gerindra 6 anggota, Golkar 6 anggota, PAN 5 anggota, Demokrat 4 anggota, Nasdem 4 anggota, dan PKS 3 anggota. 

Tak Hanya Ibu, Bupati Dhito Sebut Peran Ayah Sangat Penting untuk Tekan Angka Stunting

Sebelum terbentuk unsur pimpinan DPRD definitif, dalam sidang paripurna itu dilakukan penyerahan jabatan kepada pimpinan sementara. Unsur pimpinan sementara DPRD Kabupaten Kediri diketuai Pendiwan dari PDI Perjuangan dan Sentot Djamaludin dari PKB sebagai wakil ketua. 

Pergantian unsur pimpinan itu di tandai dengan penyerahan palu pimpinan dan buku memori dari Ketua DPRD Kabupaten Kediri Periode 2019-2024 Dodi Purwanto kepada pimpinan sementara. 

Halaman Selanjutnya
img_title