DPK Ponorogo Gunakan Aplikasi Srikandi untuk Pengarsipan 

Sosialisasi Aplikasi Srikandi oleh DPK Ponorogo
Sumber :
  • ponorogokab.go.id

Jatim – Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerapkan Aplikasi Srikandi sebagai langkah transformatif di bidang pengarsipan. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dengan mempermudah akses yang terintegrasi. 

Cara Jitu Atasi Gangguan Kenektivitas Internet Selama Mudik Lebaran

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ponorogo Dewi Wuri Handayani mengatakan, penerapan penggunakan Aplikasi Srikandi salah satunya dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di Kabupaten Ponorogo. Karena itu guna memaksimalkan penerapannya, pihaknya melakukan sosialisasi kepada sejumlah instansi daerah yang berlangsug di ruang rapat Bappeda Litbang, pada Rabu, 7 Desember 2022 lalu.

“Implementasi aplikasi Srikandi mengubah tata kelola persuratan dan kearsipan lebih efektif dan efisien,” kata Dewi Wuri Handayani seperti dikutip dari ponorogokab.go.id pada Minggu, 11 Desember 2022. 

Kominfo Ingatkan Bahaya Deepfake AI, Sang Pengacau Informasi

Ia menambahkan, pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan kemajuan zaman. Sebab di era globalisasi sekarang ini, peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berada pada posisi yang amat strategis karena menghadirkan suatu dunia tanpa batas, jarak, dan waktu.

“Teknologi akan mempengaruhi proses kerja di birokrasi. Ada sederet alasan rasional birokrasi memelihara arsip, selain memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Waspada! Hoaks Pemilu 2024 Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan

Selain itu, arsip merupakan landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat. Sehingga ia berharap seluruh perangkat daerah bisa memahami tata kelola kearsipan yang baik dan inovatif. 

Sebagai informasi, Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau Srikandi merupakan platform yang melayani kebutuhan pembuatan surat-menyurat atau korespondensi dan arsio elektronik secara online. 

Halaman Selanjutnya
img_title