Bacagub Ridwan Kamil Akui dapat Mandat Khusus dari Prabowo terkait Proyek Strategis di Jakarta

Momen Hasto Kristiyanto Saling Balas Pantun dengan Ridwan Kamil
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Jakarta, VIVA JatimPresiden terpilih, Prabowo Subianto memberikan mandat khusus kepada Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK), terkait pembangunan proyek strategis di Jakarta. Salah satu yang menjadi fokus utama adalah proyek pembangunan Giant Sea Wall di kawasan Jakarta Utara, yang bertujuan mengatasi masalah banjir akibat kenaikan air laut. 

Luluk Bangun Kerjasama dengan Dubes Australia, Bahas Isu Kekerasan Seksual hingga Ekonomi

“Pak Presiden (Prabowo) memberikan tugas kepada saya untuk memimpin pembangunan Giant Sea Wall di Jakarta Utara. Tujuannya bukan hanya untuk menanggulangi banjir, tetapi juga untuk menciptakan kawasan baru yang lengkap dengan fasilitas seperti perumahan, sekolah, tempat ibadah, dan sarana olahraga,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya, Minggu 15 Agustus 2024. 

Proyek Giant Sea Wall ini, menurut RK, dirancang sebagai kawasan terpadu yang tidak hanya berfungsi sebagai penghalang air laut, tetapi juga menjadi pusat pengembangan kota dengan berbagai infrastruktur pendukung. 

Warganet Ramai Ucapkan Terima Kasih pada Presiden Jokowi

Ia menyatakan bahwa proyek ini akan menjadi bagian penting dari upaya mengatasi banjir di wilayah pesisir Jakarta. 

Selain pembangunan fisik, Ridwan Kamil juga menyebut bahwa Prabowo menekankan pentingnya penanganan masalah sosial di Jakarta, terutama terkait kekumuhan yang masih banyak ditemukan di berbagai sudut ibu kota. 

Ning Luluk Ingatkan PPDI Soal Siapa Pejuang UU Desa

"Pak Prabowo berpesan, kalau saya terpilih nanti, hal pertama yang harus diselesaikan adalah masalah kekumuhan. Masa di kota sebesar Jakarta masih ada daerah kumuh?" jelas RK, mengutip pesan yang ia terima.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa program penanganan kekumuhan tersebut akan melibatkan partisipasi warga. Masyarakat diberi ruang untuk berdiskusi mengenai anggaran yang dialokasikan, sehingga mereka dapat menentukan prioritas kebutuhan di lingkungannya, baik itu untuk penataan lingkungan, pembangunan fasilitas sosial, maupun ekonomi. 

Halaman Selanjutnya
img_title