Pesantren Annuqayah Lubangsa Langganan Juara Umum Sukarabic Fest UIN Suka Yogyakarta

Pesantren Annuqayah Lubangsa meraih juara umum Sukarabic Fest VII
Sumber :
  • Media Lubri

Sumenep, VIVA Jatim – Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, untuk kesekian kalinya kembali meraih juara umum di Sukarabic Fest. Ajang tahunan HMPS Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta itu berlangsung sejak Rabu hingga Sabtu, 11-14 September 2024. 

Trenggalek Uji Coba Program Makanan Siang Bergizi

Pesantren yang berdiri sejak 1887 di Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep ini kembali mengulang sejarah pada tahun-tahun sebelumnya dengan mempertahankan prestasi Juara Umum pada tahun 2024 ini. 

Delapan cabang perlombaan diikuti oleh 20 santri Lubangsa Putri, mulai dari Khitabah, Kaligrafi, Qiraatus Syi'ri, Ta'birul Qisshah, Ghina' Araby, Baca Kitab, Munadharah, hingga cabang lomba Insya'.

Pengawas Ponpes di Mojokerto Cabuli-Sodomi Santri Divonis 9 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta

Empat cabang lomba berhasil dimenangkan oleh enam santri Lubangsa putri, yaitu Nur Diana sebagai juara I Ghina’ Araby Tingkat Mahasiswa, Zahratul Fitriyah juara II Ghina’ Araby Tingkat Siswa, Atnawiyah juara II Qiraatus Syiir, Fitriyani juara III Qiraatus Syiir, Grace Naily el-Hasanah Juara II Khitabah Tingkat Mahasiswa, dan Silmi Abidah Kamelia juara III Ta’birul Qissah.

Meskipun tidak semua cabang lomba bisa dimenangkan, akan tetapi perolehan Juara Umum menjadi prestasi tersendiri yang diperoleh oleh setiap peserta. Upaya yang dipersiapkan dari beberapa bulan yang lalu akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan.

Pesan Terakhir Mahasiswi UC Surabaya Sebelum Tewas Terjun dari Lantai 22

"Dalam pencapaian luar biasa ini, tentunya melalui proses yang penuh dengan perjuangan. Persiapan yang dilakukan peserta delegasi Annuqayah Lubangsa Putri dilakukan jauh sebelum perlombaan dengan terus berlatih semaksimal mungkin. Alhasil, alhamdulillah Annuqayah Lubangsa kembali meraih kemenangan ini," tutur Pendamping Lomba, Ustazah Siti Shofiyah.

Ketua Pengurus sekaligus Official lomba Sukarabic Fest VII, Faizatin, mengatakan bahwa proses mengikuti perlombaan ini tidak mudah. Ada banyak hal baru yang perlu dipelajari oleh setiap peserta. Ada banyak pihak yang terus mendukung dan mendoakan kesuksesan peserta dalam perlombaan ini.

Halaman Selanjutnya
img_title