Perkuat UMKM Jawa Timur, Risma Launching Program Pahlawan Ekonomi

Risma luncurkan Program Pahlawan Ekonomi untuk Perkuat UMKM Jawa Timur.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki potensi besar dalam memberantas kemiskinan, terutama melalui usaha mikro yang langsung berhubungan dengan masalah ini. 

Opening Store Custom Jersey, Allegiant Indonesia Berdayakan Ekonomi Lokal

Oleh karena itu bakal calon Gubernur Jawa Timur, Tri Rismaharini, kembali melaunching  program 'Roadshow Pahlawan Ekonomi' yang bertujuan memberdayakan pelaku UMKM.

Program tersebut merupakan perluasan dari gerakan 'Pahlawan Ekonomi' yang pernah diinisiasi Risma saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada tahun 2010. 

Risma Bicara soal Potensi Madura; Cukup Besar jika Dikelola dengan Baik

Saat itu, program yang ada menjadi salah satu terobosan Risma dalam mengembangkan kapasitas ekonomi masyarakat Surabaya, terutama perempuan pelaku UMKM, untuk menghadapi tantangan ekonomi lokal dan global. 

"Melalui program ini para pelaku UMKM di Jawa Timur diharapkan dapat memperkuat daya saing dan kualitas produk mereka, sehingga mampu menembus pasar internasional," ungkap Risma dalam peluncuran Roadshow Pahlawan Ekonomi di Surabaya, Jumat 20 September 2024. 

Luluk Bangun Kerjasama dengan Dubes Australia, Bahas Isu Kekerasan Seksual hingga Ekonomi

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial RI itu menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi saat ini jauh lebih besar dibandingkan ketika ia memulai program Pahlawan Ekonomi di Surabaya lebih dari satu dekade yang lalu. Jika dahulu fokusnya adalah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, kini tantangannya telah berkembang menjadi tantangan ekonomi global, yang memungkinkan setiap negara saling bersaing secara langsung. 

“Saat pertama kali memulai Pahlawan Ekonomi pada tahun 2010, tantangannya adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang akan dimulai pada 2014. Namun, sekarang kita sudah masuk dalam ekonomi dunia, yang artinya setiap negara bisa saling masuk dan berkompetisi. Indonesia harus bersiap menghadapi kompetisi ini, dan salah satu cara kita untuk bertahan adalah memperkuat UMKM,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title