Unusa Surabaya Gagas Poskestren ‘Serasi’ di Bangkalan

Peresmian Poskestren Serasi oleh Unusa di Bangkalan
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Fakultas Kesehatan (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melalui program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) menggagas pendidian Pos Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren) di Pesantren Hidayatullah Al-Muhajirin, Arosbaya Bangkalan.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

 

Ketua Pelaksana pendirian Poskestren, dr. Hotimah, Ph.D mengatakan bahwa sebelumnya, FK Unusa terlebih dahulu memberikan pelatihan dan pemahaman terkait pengelolaan Poskestren.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

“Ini kami lakukan agar setelah Poskestren terbentuk tidak sekadar ada, tapi benar-benar berfungsi dan bermanfaat bagi warga ponpes maupun masyarakat sekitar pondok,” katanya, Selasa, 20 Desember 2022.

Setidaknya ada 50 peserta yang dilatih, terdiri dari kader maupun pengurus. Mereka dilatih mulai penanganan awal pasien atau pertolongan dasar hingga perawatan di Poskestren.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

“Kami bangga para peserta dan kader mengikuti dengan serius tahapan pelatihan, sehingga kami yakin Poskestren ini ke depannya dapat berjalan dengan baik, demikian pula kerjasama dan dukungan dari Puskesmas setempat telah difasilitasi,” katanya.

Keyakinan dr Hotimah ini diperkuat dan dibuktikan pula saat peresmian Poskestren yang dihadiri oleh pemerintah setempat. Menurutnya hal tersebut sebagai salah satu bukti kehadiran Poskestren dibutuhkan dan didukung oleh pesantren dan masyarakat sekitar.

Halaman Selanjutnya
img_title