Jaga Keselamatan, Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Jawa Timur

Ilustrasi gelombang air laut
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Bila hendak bepergian menggunakan jalur laut, sebaiknya di tunda sampai cuaca kembali bersahabat. Sebab selama beberapa hari ke depan, di sejumlah wilayah perairan Jawa Timur terjadi gelombang tinggi

Pasokan PMI Minipis, Kapolres Mojokerto Perintahkan Personel Donor Darah

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi. Peringatan tersebut berlaku sejak hari ini, Sabtu 24 Desember 2022 hingga Minggu besok 25 Desember 2022. 

Dalam press release itu, BMKG menyebut pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan angina berkisar 8-30 knot. Sedangkan wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan angina berkisar 8-30 knot. 

5 Bangunan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat. Laut Natuna Utara, Perairan Anambas-Natuna. Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Makassar dan Laut Flores,” kata BMKG dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu 24 Desember 2022. 

BMKG kemudian merinci, bahwa kelombang yang sangat tinggi dengan ketinggian 4-6 meter dapat terjadi di peraira Kalimantan Tengah bagian timur, laut Jawa utara Bawean, laut Jawa selatan Bawean, laut Jawa barat Masalembo, laut Jawa timur Masalembo,

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

Kemudian juga di perairan Tuban – Lamongan, perairan utara Madura, peraiaran Kepulauan Sepudi, perairan Kepulauan Kangean, perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jawa. 

Sedangkan untuk gelombang sedang setinggi 1,25-2,5 meter dapat terjadi di selat Madura bagian barat dan selat Madura bagian timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title