2 Tahanan Polres Pasuruan yang Kabur Berhasil Diringkus, 5 Masih Diburu

Ilustrasi tahanan kabur
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Tim khusus Kepolisian Resor Pasuruan berhasil menangkap dua tahanan yang kabur melalui ventilasi berjeruji besi di rumah tahanan Markas Polres Pasuruan, Jawa Timur, pada Minggu, 1 Januari 2023. Kedua tahanan itu berhasil ditangkap kembali pada Rabu, 4 Januari 2023.

Polisi Menggerebek Kampung Narkoba di Pasuruan, Ada 6 Orang Diduga Pengedar

Kedua tahanan yang berhasil diringkus kembali itu semuanya tersangka kasus penyalahgunaan narkotika. Sementara lima tahanan yang masih diburu, tiga di antaranya tersangka kasus penyalahgunaan narkotika dan dua orang tersangka kasus pencurian.

“Lima tahanan lain masih dalam pengejaran,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pasuruan Ajun Komisaris Polisi Farouk Ashadi Haiti pada Rabu, 4 Januari 2023.

Kabut Tebal saat Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Warga: Terdengar Ledakan

Dia menjelaskan kembali, ketujuh tahanan itu kabur pada Minggu, 1 Januari 2023, sekitar pukul 04.00 WIB, memanfaatkan kelengahan petugas jaga karena tertidur. Petugas baru mengetahui mereka kabur selepas Subuh. 

“[Petugas jaga tahanan baru tahu] Jam 05.00 WIB subuh, [saat] pengecekan,” ujar Farouk.

KSAU Benarkan 2 Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Jenis Super Tucano

Mereka kabur dengan cara menggeregaji jeruji besi yang menutup ventilasi di bagian belakang tembok tahanan. Mereka kemudian kabur melalui bagian belakang Markas Polres Pasuruan. Belum diterima penjelasan dengan alat apa mereka memotong jeruji.

Segera setelah itu, Polres Pasuruan membentuk timsus terdiri dari Satreskrim, Satuan Reserse Narkoba, dan Satuan Intelijen dan Keamanan.