Bulan K3 Nasional, PT Tjiwi Kimia Simulasi Tanggap Kebocoran HCL 

Simulasi tanggap kebocoran HCL
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Menejemen pabrik kertas PT Tjiwi Kimia Tbk terus meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) serta pengawasan. 

Dikonsumsi dalam Bentuk apapun, Manfaat Tanaman Herbal Ini Tetap Menyehatkan Tubuh

Hal ini ditunjukkan dengan cara menggelar apel dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, Kamis, 12 Januari 2023, di halaman pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Surabaya-Mojokerto, Kecamatan Tarik, Sidoarjo. Dalam kesempatan itu, tim Healty and Safet pabrik tersebut mensimulasikan penanganan kebocoran truk tangki pengangkut bahan kimia HCL

Simulasi dimulai dengan truk tangki tersebut melakukan pengisian bahan kimia HCL di Chemical Plant area pabrik. Tiba-tiba, bagian tengah sisi kanan tangki penampungan mengalami kebocoran. Cucuran bahan kimia HCL menyembur keluar disertai kepulan asap putih. 

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Minuman Alami Ini, Puasa Dijamin Lancar!

Seketika sopir dan petugas keamanan PT Tjiwi Kimia pun panik. Kemudian kejadian itu dilaporkan kepada petugas Healty and Safety (HS). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, sebab tim fire brigade kebakaran pabrik langsung tanggap melakukan penanganan kebocoran bahan kimia berbahaya tersebut. Tim tersebut juga dilengkapi dengan tenaga medis untuk memeriksa kondisi para pekerja. 

Selanjutnya, tim HS tidak lupa mensterilasasi area pabrik. Sebagian personil menyomprotkan air dari mobil pemadam kebakaran untuk menekan gas beracun dari HCL di udara. Karena gas bercacun itu sangat berabahya jika masuk ke dalam saluran pernapasan ataupun terkena tubuh. 

Ternyata Hal Ini yang bikin Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Setelah itu dilakukan penanganan penyumbatan, tim fire brigade pun berhasil dalam waktu singkat, sekitar 10 menit. Tak cukup sampai di situ, setelah selesai porsonil harus memastikan keadaan sudah terkendali. 

Ketua P2K3 PT Tjiwi Kimia Tbk, Beny Heryawan mengatakan, upaya perlindungan K3 terhadap para pekerja di lingkungan perusahaan tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. Dalam proses produksi, menurutnya, sumber daya manusia (SDM) adalah sebuah aset.

Halaman Selanjutnya
img_title