Perayaan Imlek 2023 di Klenteng Tertua Jombang Sepi, Ketua Yayasan: Krisis Generasi Penerus 

Umat Konghucu menjalani ibadah saat Imlek 2023
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Perayaan tahun baru Imlek 2023 di Klenteng Hong San Kiong Gudo, Kabupaten Jombang terlihat sangat sepi. Padahal kelenteng tersebut merupakan tertua di Jombang, berdiri sejak 1800-an. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Hal tersebut turut diungkapkan oleh Ketua Yayasan klenteng Hong San Kiong Gudo, Toni Harsono. Menurutnya, penyebab sepi dari umat yang melakukan sembahyang lantaran krisis generasi penerus. Krisis generasi ini terjadi akibat adanya perang dingin yang terjadi pada era 1965.

"Krisis generasi penerus, jadi setiap tahun saya rasa umat lebih berkurang, yang sepuh-sepuh juga sudah banyak yang meninggal," ujarnya pada Minggu, 22 Januari 2023. 

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Ia menjelaskan, apabila mengacu pada buku G30S 1965, Perang Dingin dan Kehancuran Nasionalisme, dalam Perang Candu, Inggris memberikan sebutan 'China' kepada Tiongkok dan rakyatnya. Penyebutan China itu adalah bentuk dari olok-olok orang Inggris. Sehingga, kala itu banyak orang Tionghoa yang beragama Konghucu berpindah agama. 

"Sejak tahun 1965 orang-orang Tionghoa yang beragama Khonghucu banyak yang pindah agama," ujar Toni. 

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Sebagai salah satu orang keturunan Tionghoa yang masih giat menjalankan budayanya, Toni merasa perlu ada lebih banyak generasi muda Tionghoa yang ikut serta dalam mengembangkan budaya dan tradisi. Selama ini, ia merasa kultur dan identitas asli Tionghoa semakin memudar. Perlu ada hembusan angin segar untuk membangun generasi yang lebih banyak lagi. 

"Harapan kami, para orangtua mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti tradisi Tionghoa, di sisi lain kami juga berupaya seperti mengadakan sekolah Minggu Khonghucu yang sudah kita mulai sejak tahun 1980 an, kami juga mendirikan paud yang di peruntukkan umat lintas agama," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title