3 Alasan Kanang Dipilih Jadi Plh Ketua PDIP Jatim Kata Pengamat

Budi Sulistyono atau Kanang Plt Ketua DPD PDIP Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Selain menetapkan Said Abdullah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jatim, DPP PDIP juga menugaskan Budi Sulistyono atau Kanang sebagai Pelaksana Harian (Plh) ketua DPD.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Hal ini menuai respons dari berbagai kalangan. Salah satunya dari pengamat politik UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Andri Arianto. Ia menilai apa yang dilakukan DPP PDIP sebagai langkah tepat. 

Andri menyebut sosok kanang merupakan salah satu politisi senior asal Ngawi ini memiliki pengalaman yang memadai. Dalam analisis Andri, ada tiga alasan Kanang ditunjuk sebagai ketua DPD.

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

Pertama, Kanang adalah kader partai yang pengalaman puluhan tahun berkiprah di PDI Perjuangan. Dia kini menjadi Wakil Ketua Bidang  Kehormatan DPD PDIP Jatim setelah selesai pada 2021 dalam penugasan partai sebagai wabup dan bupati Ngawi.

“Maka kalau saya lihat di struktur DPD, Pak Kanang ini relatif longgar secara waktu sehingga bisa lebih fokus untuk segera memacu program partai menyongsong tahapan Pemilu 2024 yang tinggal hitungan bulan,” ujar Andri kepada media, Minggu 5 Februari 2023.

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Alasan kedua, Kanang dikenal cukup sukses memimpin Kabupaten Ngawi selama dua periode sebagai bupati hingga 2021. Dengan kemampuan teknokratiknya, Kanang menyusun beragam program kerakyatan di Ngawi, hingga bisa mengantarkan Ngawi sebagai daerah terdepan dalam pertanian padi nasional. 

“Pak Kanang saya lihat juga sukses mengembangkan pariwisata Ngawi, di antaranya dengan revitalisasi Benteng Pendem yang kini sangat memukau wisatawan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title