Kadin Sarankan Optimalkan Industri Hulu demi Keberhasilan Program TKDN

Kadin Sarankan Optimalkan Industri Hulu
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendesak pemerintah untuk melakukan perbaikan industri hulu di Indonesia, termasuk dalam pelaksanaan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kadin Surabaya Bakal Gelar Ruang Gembira Bermusik Anak Muda April 2024

Hal itu disampaikan Ketua Pokja TKDN Kadin Indonesia Achmad Widjaja dalam acara Business Gathering bertema "Optimalisasi penggunaan produk TKDN dalam mendukung produktifitas Industri Nasional," di Surabaya, Kamis 9 Februari 2023.

"Karena TKDN kita banyak yang TKDN reka, bukan TKDN asli. Kalau benar-benar ingin masuk ke TKDN, industri hulu harus diperbaiki, industri antara harus diperbaiki dan hilirnya juga diperbaiki. Karena sejauh ini hanya induatri hilir yang digarap," kata Achmad Widjaja. 

Pemkab Tulungagung Akan Buka Lowongan untuk 596 Formasi ASN Tahun 2024

Pemerintah harus bersinergi dengan pengusaha karena optimalisasi industri hulu tidak bisa hanya dikerjakan oleh pihak swasta saja. Sinergi kuat diperlukan karena besarnya kapital dan panjangnya jangka waktu investasi yang dibutuhkan. Sementara keuntungan yang didapatkan kecil. 

"Maka dari itu kita perlu sinergi pengusaha yang sudah sangat hilirisasi mendorong pemerintah agar masuk di industri hulu," tegasnya. 

Soal Perbedaan Awal Ramadan 1445 H, MUI: Mari Saling Menghormati

Senada dengan yang disampaikan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto bahwa keinginan Presiden Joko Widodo untuk memperbesar serapan TDKN sudah cukup baik. Selain mendorong seluruh kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota untuk membeli produk dengan TKDN minimal 40 persen, Jokowi juga telah memerintahkan seluruh BUMN untuk melakukan pengadaan barang yang ber-TKDN.

"Kebijakan yang diambil pemerintah sudah sangat tepat. Kadin sebagai organisasi pengusaha akan mengawasi pelaksanannya, dalam proyek APBN, APBD ataupun proyek yang dikerjakan oleh BUMN.  Karena jika ini betul-betul dilaksanakan akan berdampak positif pada naiknya investasi yang masuk Indonesia karena adanya tuntutan TKDN. Selanjutnya lapangan kerja menjadi terbuka dan pengangguran akan semakin menipis," terang Adik. 

Halaman Selanjutnya
img_title