DPRD Jatim Dukung Usulan Bupati Sumenep Soal Reaktivasi Kereta di Madura

Abdul Halim
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jatim – Usulan Bupati Sumenep Achmad Fauzi soal reaktivasi kereta api di Madura mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Anggota DPRD Jawa Timur Dapil Madura, Abdul Halim. Ia mendukung upaya Bupati Fauzi yang saat ini tengah mendorong pemerintah pusat rekativasi jalur kereta di Pulau Garam itu. 

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Dikatakan Halim bahwa terkait reaktivasi jalur kereta di Madura sudah ada payung hukumnya. Yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila), Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

“Reaktivasi rel itu sudah masuk dalam Perpers 80 tentang percepatan pembangunan di Jatim yang hampir 40 persennya ada di Madura,” kata Halim dalam keterangan yang diterima Viva Jatim pada Senin, 13 Februari 2023. 

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Selain reaktivasi jalur kereta, jelas Halim, sesuai Perpres 80 di antaranya juga direncanakan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan, lalu Pelabuhan MISI (Madura International Sea Port City), hingga Indonesia Islamic Science Park.

“Kalau sekarang ini Bupati Sumenep berkirim surat (ke Presiden Joko Widodo) dalam rangka untuk mereaktivasi rel, itu sebetulnya ya selaras dengan adanya Perpres,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Jatim itu.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Di sisi lain, Halim membenarkan jika reaktivasi jalur kereta menjadi kebutuhan Madura saat ini. Halim juga sepakat, dengan adanya jalur kereta akan mendongkar perekonomian di Madura. 

“Saya kira dengan kondisi Madura hari ini, ketika ada transportasi massal yang efektif, efisien, dan tepat waktu, sangat betul-betul menunjang pertumbuhan ekonomi di Madura, pasti,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title