PWNU Jatim Ziarah Muassis Bertepatan saat PBNU Tasyakuran di Tebuireng

Ketua Peringatan 100 Tahun NU, Wakil Ketua PWNU Jatim.
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim –Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menggelar acara Ziarah Muassis NU Kamis 16 Februari 2023. Ziarah Muasssis NU meliputi makam Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahab Hasbullah, hingga KH Bisri Syansuri.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Di kesempatan ini pula, pada malam harinya, digelar Tasyakuran Peringatan Satu Abad yang dihadiri Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

“Rutenya kami  ziarah ke Mbah Wahab, Mbah Bisri, Mbah Hasyim, kemudian sekalian gabung dengan agenda PBNU di Tebuireng, yaitu Tasyakuran 1 Abad NU,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam, Kamis 16 Februari 2023.

Aneka Manfaat Puasa bagi Kesehatan: Mampu Kelola Stres hingga Regenerasi Sel Tubuh

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang ini mengungkapkan, bahwa ziarah muassis adalah momen untuk kembali mengingat tujuan utama pendirian Nahdlatul Ulama, yang selanjutnya menjadi pijakan generasi penerus di era ini dalam berkhidmah.

“NU ini isinya para ulama bahkan auliya. Tentu sambil ziarah kita mengingat kembali motivasi apa yang membuat beliau mendirikan NU. Kemudian kita renungkan bersama sebagai pijakan utama dalam meneruskan perjuangan para muassis,” ujarnya.

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, Semboyan Patriotisme yang Diajarkan Rasulullah

Sementara itu, kegiatan ziarah muassis PWNU Jatim akan bertemu dengan kegiatan PBNU di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Kamis, 16 Februari 2023, Pukul 19.00 WIB. Akhir ziarah muassis PWNU Jatim pun di Makam KH M Hasyim Asyari.

Sedang agenda PBNU antara lain, Istighotsah dan Tahlil di Maqbaroh PP Tebuireng serta Tasyakuran 1 Abad NU. Istighotsah & Tahlil dipimpin KH Masduki Abdurrohman Al Hafiz dan KH. Muhammad Idris Hamid.

Halaman Selanjutnya
img_title