Parah! Banjir Merendam 4 Kecamatan di Jombang Usai Diguyur Hujan 7 Jam

Banjir di Desa Pulo lor, Kecamatan Jombang
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

JatimBanjir merendam 4 Kecamatan di Jombang usai diguyur hujan selama 7 jam mulai Selasa, 21 Februari 2023 malam. Banjir menggenangi rumah dan jalan permukiman penduduk. 

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

"Terdapat 4 kecamatan yakni Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Ploso, Kecamatan Jombang, Kecamatan Sumobito," ujar Bambang Dwijo Pranowo Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Rabu, 22 Februari 2023. 

Menurut Bambang, Dari 4 Kecamatan, wilayah yang paling parah terendam banjir yakni di wilayah Kecamatan Mojoagung dan Kecamatan Sumobito. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Di Kecamatan Mojoagung, ada 4 Desa yang terdampak, yaitu Desa Betek, Desa Mancilan, Desa Kademangan, Desa Tejo. Sementara di Kecamatan Sumobito terdapat 3 Desa yang terdampak yakni Desa Budugsidorejo, Desa Madipuro dan Desa Talunkidul, kalau di Kecamatan Jombang hanya di Desa Pulo lor, Kecamatan Ploso yang terdampak banjir hanya di Desa Bawangan. 

Selain akibat curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan oleh derasnya aliran sungai Kaligunting. "Hujan terjadi selama 7 jam sehingga membuat debit air sungai itu naik," jelas Bambang. 

Jalur Pantura Pasuruan-Surabaya Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh Total

Bambang menambahkan, kondisi air hingga saat ini sudah mulai surut sehingga tidak terjadi penanganan yang signifikan. "Ketinggian air kurang lebih mencapai 1 meter, namun sudah mulai surut," pungkasnya.