Ketua DPRD Jatim Tekan Pemda agar Peduli dengan Kesenian Budaya Lokal 

Ketua DPRD Jatim Kusnadi di Pameran Tunggal Zalfa Robby
Sumber :
  • Viva Jatim

JatimKetua DPRD Jawa Timur, Kusnadi menekankan pemerintah daerah peduli dengan kegiatan kebudayaan di tengah modernisasi, khususnya yang digeluti pemuda. 

Ketua DPRD Jatim Akan Usulkan Tiga Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

Hal ini ia sampaikan usai membuka pameran seni tungal “Melukis Huma” karya Zalfa Robby di rumah budaya Kabupatem Sidoarjo, Selasa 21 Februaru 2023.

"Contohnya di rumah budaya Sidoarjo ini. Di sini banyak sekali kegiatan budaya yang di lakukam oleh anak anak muda. Seperti kegiatan mocopat, diskusi budaya dan kegiatan seni lainnya," kata Kusnadi.

Tak Hanya Gubernur Khofifah, Ketua DPRD Jatim Juga Berpamitan

Saat ini, lanjut Kusnadi, kepedulian pemuda kepada seni budaya lokal sudah mulai kembali tumbuh. Hal tersebut butuh campur tangan pemerintah menopang keberadaan mereka agar lebih masih dalam mengembangkan seni budaya lokal bangsa ini. 

"Bahkan mereka juga akan menggali dokumen budaya sidoarjo dengan mengumpulkan dokumen yang sekarang juga ada di beberapa negara seperti Belanda Inggris dan Amerika," lanjutnya. 

Berbeda dengan Daerah Lain, Kemarau Panjang Jadi Berkah untuk Masyarakat Probolinggo

Mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini katakan, ruang seni budaya harus dibuka lebar untuk pegiat mengepresikan karyanya. Mereka nantinya akan mengenalkan budaya Indonesia ke mancanegara yang akan berefek domino dalam mengangkat perekonomian masyarakat. 

"Marilah kebudayaan itu kita pelihara dengan baik. Pemerintah juga harus memberikan fasilitasi supaya para pelaku budaya bisa berkarya karena orang yang bergerak di budaya itu pasti mencintai antar sesama sebab budaya itu cenderung tidak ada nuansa kepentingan tapi hanya berkarya," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title