Masuki Tahun Politik, Ketua DPRD Jatim Imbau Masyarakat Tidak Terjebak Berita Hoax

Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi
Sumber :
  • A. Thoriq/ Jatim Viva

JatimKetua DPRD Jawa Timur, Kusnadi mengimbau kepada masyarakat lebih hati-hati dalam mengkonsumsi informasi dari media sosial. Pasalnya, saat ini sudah memasuki tahun politik yang kerap kali dijadikan kesempatan menyebarkan kabar bohong atau hoax. 

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

"Di tahun politik ini, berita hoax itu sudah luar biasa begitu masif. Namanya hoax sudah tidak ada etika, akibatnya sudah tidak dipikirkan," kata Kusnadi saat kepada Viva Jatim, Selasa 28 Maret 2023. 

Yang lebih miris lagi, Kusnadi menambahkan bahwa masyarakat Indonesia tidak terlalu peduli terhadap pentingnya kekayaan literasi. Sehingga jika ada kabar yang tersebar, seringkali ditelan mentah-mentah. Lebih bahayanya lagi mereka juga ikut menyebarkan, sehingga makin cepat penyebarannya. 

Aksinya Sempat Viral di Medsos, Polda Jatim Akhirnya Ringkus 9 Pelaku Beragam Jenis Pencurian

Keawaman itu yang dia maksudkan lumrah dijadikan kesempatan dan ditunggangi orang yang mempunyai kepentingan. 

"Orang lain yang tidak tau keasliannya, ikut menyebarkan, dan itu menjadi masif menjelang pemilu," tuturnya. 

GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

Oleh karenanya, mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim ini berharap masyarakat lebih cerdas dalam mengkonsumsi informasi publik, khususnya di media sosial. Sebab, media sosial kerap dijadikan lapangan gratis persebaran hoax. 

"Jangan sampai kita emosi, jangan sampai kita ikut-ikutan membuat berita hoax. Jangan sampai kita terpancing dengan pemberitaan yang tidak benar," harapnya.