Gegara Banyak ODGJ Mengamuk, Puskesmas Dawarbladong Mojokerto Bentuk Kader Kesehatan Jiwa tiap Desa

Tim TRC UPT Puskesmas Dawarblandong Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –Jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto mencapai 130 orang. Bukanya hanya jumlahnya yang semakin meningkat, ODGJ kerap kali mengamuk dan membawa senjata tajam (sajam). Berangkat dari kasus itu, UPT Puskesmas Dawarblandong membuat program khusus untuk mengontrol dan menanggulanginya. 

Aneka Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa Manusia

Kepala UPT Puskesmas Dawarblandong, Deny Setiawan mengatakan, pihaknya telah membentuk kader kesehatan jiwa di setiap desa dan Posyandu Jiwa. Mereka bertugas mengevakuasi, mengidentifikasi, serta mendeteksi dini risiko gangguan jiwa di lingkungan sekitarnya. Dalam menjalankan tugasnya, mereka bersinergi dengan tim reaksi cepat (TRC) UPT Puskemas Dawarblandong. 

Selain itu, para kader kesehatan jiwa ini juga bertugas melaporkan dan mencatat segala kasus baru dan memantau perkembangan kondisi pasien ODGJ di wilayah masing-masing. 

ODGJ Meninggal Tercebur ke Sungai Dam Prambon Trenggalek

"Tim TRC itu terdiri dari 3 orang, yaitu 1 driver ambulans, 1 perawat, dan 1 dokter. Mereka dibantu kader jiwa. Setiap desa memiliki 4 orang karer jiwa.  Mereka pun telah dilatih," katanya kepada Vivajatim.co.id, Kamis, 23 Februari 2023. 

Tak hanya melibatkan kader jiwa, personel  Koramil dan Polsek Dawarblandong juga turut membantu penanganan ODGJ. Sebab, pasien ODGJ kerap kali mengamuk hingga membawa senjata tajam. 

Peran Penting Perempuan dalam Menjaga Kesehatan Jiwa Keluarga

Sejauh ini, UPT Puskesmas Dawarblandong masih memiliki satu posyandu berada di Desa Suru. Karena pasien ODGJ paling banyak berasal dari Desa Suru. Saat ini terpantau ada  10 ODGJ. 

Cara ini dinilai sukses mengidentifikasi ODGJ sejak dini. Di Tahun 2022, ada 105 ODGJ tidak terpantau dan terkontrol. Kini 80 dari 105 ODGJ telah terkontrol tim TRC dan kader jiwa. 

Halaman Selanjutnya
img_title