Survei Capres ARCI: Prabowo Ungguli Ganjar hingga Anies di Jatim, Ini Faktornya

Survei Capres Versi ARCI di Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur setahun jelang Pemilu 2024. Prabowo Subianto masih tertinggi di Jawa Timur. 

Diusung PSI di Pilbup Gresik, Firosya Shalati Janji Ciptakan Pemerintahan Merakyat

"Prabowo masih teratas soal elektabilitas capres di Jatim. Ganjar Pranowo kedua dan Anies Baswedan ketiga," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Jumat, 24 Februari 2023.

Baihaki menyebut elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 19,4%. Kemudian menyusul Ganjar dengan 17,6% dan melengkapi tiga besar Anies Baswedan dengan 15,7%.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim: Selamat Idul Adha 1445 Hijriah

Baihaki menyebut elektabilitas Ganjar trennya menurun. Sebab, politikus PDIP itu masih belum jelas apakah akan mendapat tiket ke Pilpres 2024 atau tidak.

"Sementara Prabowo dan Anies sudah deklarasi akan maju capres. Bedanya Prabowo sudah diingat oleh masyarakat Jatim, sementara Anies ini kan masih baru kalau di Jatim," kata Baihaki. 

Peluang Lolos Piala Dunia 2026 Terbuka Lebar, Ini 3 Skenario Timnas Indonesia

Hal lain yang membuat Prabowo tetap teratas di Jatim karena manuver Menhan RI tersebut beberapa waktu lalu di Jatim dengan bertemu para ulama khos asal Jatim. 

"Kita ingat beberapa bulan lalu Pak Prabowo bertemu para ulama khos Jatim. Dan itu manuver yang cukup berpengaruh, mengingat pemilih dari kalangan Nahdliyin cukup dominan di Jatim," jelas Baihaki. 

Halaman Selanjutnya
img_title